Jumat, 30 Oktober 2015

TUGAS 4 (Bhopal - Union Carbide)

Anggota Kelompok  :
Nama           : Anggi Adrian  (20212901), 
                      Raden Muh. Adlan Rahim (25212843)
Kelas            : 4EB12
Mata Kuliah  : Etika Profesi Akuntansi



1)    Apa isu-isu etis yang dikemukakan oleh kasus ini?
     Jawaban:
·         Para analis memperkirakan perusahaan akan dipaksa menjadi bangkrut. Ironisnya, serikat Garbide pabrik di Bhopal telah kehilangan uang untuk beberapa tahun dan Anderson dianggap menutupnya.
·         Karena alasan keuangan, perusahaan tidak memberikan pelatihan terhadap  pegawai yang bekerja di perusahaan. Perkeja yang berkerja di perusahaan kurang terlatih karena tidak adanya pelatihan serta banyaknya personil pabrik tidak menyadari resiko dari gas metil isocyanate.
·         Penggunaan bahan kimia berbahaya yaitu Methyl Isocyanate (MIC) dan penyimpanannya bukan didalam drum.
·         Adanya pipa yang sudah terkorosi.
·         Program maintenance pertahanan peralatan pabrik yang buruk.

2)   Apakah pengaruh hukum “perseroan terbatas” berlaku untuk melindungi para pemegang         saham Union Carbide Corporation (US)?
Jawaban :
Berlaku. Mereka tidak bertanggung jawab atas kematian dan luka-luka yang terjadi karena kebocoran.Tetapi sebelum tragedi ini, anak perusahaan India telah melakukan buruk. Dalam upaya untuk mengandung kerugian tahunan sebesar $ 4 juta dari tanaman manajer tidak menguntungkan perusahaan lokal telah intiated biaya beberapa program pemotongan.

3)  Apakah operasi India, yang sedang diawasi oleh para manajer Union Carbide Corporation
     (US) sesuai dengan standar hukum atau moral atau etika?
     Jawaban :
· Tidak, Manajer Serikat Union Carbide Corportion (U.S) tidak memperhatikan standar hukum, moral ataupun etika. Karena semua dilakukan hanya demi keuntungan tanpa memperdulikan kesejahteraan dan keamanan banyak orang, hingga terjadi kecelakaan yang menyebabkan pabrik tersebut meledak dan menimbulkan banyak korban jiwa. dalam kejadian ini tidak ada tanggung jawab dari pemilik bisnis.

· Standar kode etika



Tidak ada komentar:

Posting Komentar